Maksimalisasi Laba Produk Sepeda Motor Yamaha All New Nmax (Studi Kasus pada Dealer Yamaha Tunas Motor Bekasi)

Murwati, Endah (2021) Maksimalisasi Laba Produk Sepeda Motor Yamaha All New Nmax (Studi Kasus pada Dealer Yamaha Tunas Motor Bekasi). Sarjana (S1) thesis, STIE Tri Bhakti.

[img] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB V Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan sasaran pasar bagi produsen-produsen barang dan jasa dari seluruh dunia terutama pasar kendaraan bermotor. Sebelum terjadi pandemi pada tahun 2020, total penjualan motor selama tahun 2016 – 2019 selalu mengalami kenaikan. Di lain pihak, pada periode tahun yang sama data penjualan motor Yamaha justru berfluktuatif. Yamaha yang meluncurkan varian produk All New Nmax pada segmen scootermatic besar justru mengalami penurunan meskipun sudah dilakukan pembaharuan tampilan produk (facelift). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor utama penyebab keputusan pembelian dan pembatalan pembelian Yamaha All New Nmax, analisis harga, analisis biaya, dan maksimalisasi laba pada setian varian Yamaha All New Yamaha di dealer Yamaha Tunas Motor Bekasi. Sumber data berasal dari wawancara, data laporan perusahaan yang dapat dipublikasi dan referensi lainnya. Jenis penelitian ini bersifat studi kasus dengan metode regresi linier sederhana untuk menentukan kurva permintaan, metode non-linier untuk menentukan harga optimum yang menghasilkan laba maksimum pada setiap varian Yamaha All New Nmax. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor harga lebih dominan sebagai penyebab pembatalan pembelian, sedangkan faktor non harga sebagai penyebab keputusan pembelian. Komponen biaya terbesar adalah harga pembelian produk dari distributor. Harga optimum yang menghasilkan laba maksimum pada setiap varian Yamaha All New Nmax ABS dan Non ABS adalah Rp 35,9 juta dan Rp 32 juta. Varian produk Non ABS merupakan contributor laba terbesar, sedangkan varian produk ABS diperkirakan sebagai produk pelengkap segmen agar tidak dimasuki oleh pesaing lain dari produk kompetitor yang sejenis yaitu Honda AGV ABS dan Honda PCX ABS dengan harga produk All New Nmax ABS berada diantara kedua pesaingnya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords / Kata Kunci: Maksimalisasi laba, harga jual, biaya, pendekatan non linier, Yamaha All New Nmax
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen
Prodi: S1 Manajemen
Depositing User: Users 4127 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:00
Last Modified: 03 Apr 2023 04:00
URI: http://repository.stietribhakti.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item